Beranda Daerah UKW di Lhokseumawe, 21 Wartawan Berjuang Mendapatkan Status Kompeten

UKW di Lhokseumawe, 21 Wartawan Berjuang Mendapatkan Status Kompeten

Salah satu kelas peserta UKW Angkatan XVIII sedang mengikuti UKW hari pertama, Kamis, 8 Agustus 2024.(Foto Abdul Hadi/PWI Aceh)

Lhokseumawe, Buana.News – Sebanyak 21 dari 22 wartawan lintas media (bukan 24 seperti dilaporkan sebelumnya) mulai bertarung untuk mendapatkan status kompeten melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVIII di Kota Lhokseumawe.

Hingga hari pelaksanaan UKW XVIII di salah satu hotel Kota Lhokseumawe, hanya 21 wartawan yang hadir dari jumlah yang sudah terdata sebanyak 21 orang.

UKW Angkatan XVIII yang dilaksanakan PWI Kota Lhokseumawe dibuka oleh Pj Wali Kota Lhokseumawe diwakili Kadis Kominfo, Taufik S.Sos, M. Sp.

Seremoni pembukaan dihadiri Forkopimda Kota Lhokseumawe, SKPK, perwakilan sponsor dari sejumlah perusahaan, salah seorang kandidat calon Wali Kota Lhokseumawe Ismail A. Manaf, perwakilan PTN dan PTS, serta pejabat Pemkab Aceh Utara.

“Terima kasih untuk sponsor kami yang sudah berkontribusi untuk kegiatan UKW ini. Spesial terima kasih kepada kandidat calon wali kota Lhokseumawe yang sebenarnya kami undang empat pasangan, namun yang hadir satu calon wali kota yaitu Pak Ismail A. Manaf,” kata Ketua PWI Kota Lhokseumawe, Sayuti Achmad.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Dewan Pakar PWI Pusat Sayid Iskandarsyah yang menyampaikan sambutan atas nama Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Direktur UKW PWI Pusat Firdaus Komar.

Hadir juga Ketua Umum IKWI Pusat Dr. Andi Dasmawati, Ph.D, Sekjen IKWI Pusat Novi Enebelty, Ketua IKWI Aceh Ny. Hanifah bersama Sekretarisnya Ny Mara Dewi, dan Ketua IKWI Kota Lhokseumawe Ny. Widya Ratna Nasution.

Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin didampingi Sekretaris Muhammad Zairin, Wakil Sekretaris II Abdul Hadi, dan Staf Sekretariat sebagai admin provinsi untuk kegiatan UKW memperkuat admin dari PWI Pusat.

UKW Angkatan XVIII dibuka untuk peserta jenjang muda (16 orang dari 17 orang yang mendaftar) dan lima orang jenjang madya.

Penguji untuk jenjang muda masing-masing Muhammad Syahrir dan Austin Tumengkol dari PWI Sumut serta T. Haris Fadhillah dari PWI Aceh. Sedangkan Direktur UKW Firdaus Komar langsung menguji jenjang madya.

Kegiatan UKW berlangsung dua hari, 8-9 Agustus 2024. Sehari sebelumnya dilaksanakan pra-UKW yang dibuka oleh Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin.

Pra-UKW yang bermaterikan penjelasan tentang UKW dipandu oleh Ivan Syahruna Lubis dari PWI Pusat.[]