Beranda Aceh Seni Baru Gerak Tubuh Grup Zikir Darul Fata Cot Barat Akan Meriahkan...

Seni Baru Gerak Tubuh Grup Zikir Darul Fata Cot Barat Akan Meriahkan Maulid Nabi Tahun Ini

Aceh Utara, Buana News – Group Zikir Maulid Darul Fata Al-Hanafiah Gampong Cot Barat, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, akan segera tampil pada acara peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW di berbagai tempat.

Zikir maulid dengan seni gerak tubuh itu akan memeriahkan acara kenduri peringatan Maulid Muhammad SAW perdana di Dayah Madinah Al-munawarah Gampong Matang Baloi Kecamatan setempat Minggu 15 September 2024.

“Kita di undang khusus karena zikir maulid Darul Fata merupakan seni baru gerak tubuh yang sangat memukau,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Sayful kepada Buana News Jum’at 09 September 2024.

Pembina Zikir Maulid Darul Fata Al-hanafiah, Tgk Irwansyah Ali menjelaskan, zikir dengan seni baru dalam gerak tubuh itu sebagai kegiatan rutin setiap tahun, dan sudah mulai dilatih sebulan sebelum datangnya rabiul awal.

“Dengan kreasi baru dalam berzikir sehingga gerak tubuh yang ditampilkan tidak terlalu berlebihan serta beda dengan gerak zikir pada waktu dahulu” terangnya.

Group Zikir Maulid Darul Fata melibatkan antara 60 sampai 70 orang, mereka duduk membantuk formasi enam barisan shaf. Dipandu khalifah atau syeh beranggotakan enam orang duduk  tempat terpisah dan membaca Albanjanji, sejarah kelahiran Nabi Muhammad dan qasidah bernuansa islami yang diciptakan khusus oleh syeh tersebut.

“Irama yang kami bawakan merupakan seni sambil beribadah,” kata Tgk Irwansyah Ali, Pembina Group Zikir Maulid, juga pimpinan Yayasan Darul Fata Al-Hanafiah Gampong Cot Barat Kecamtan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara.