Beranda Daerah Pemko Lhokseumawe Matangkan Realisasi Inpres Kepada Masyarakat

Pemko Lhokseumawe Matangkan Realisasi Inpres Kepada Masyarakat

Lhokseumawe, Buana.News – Pemerintah Kota Lhokseumawe siap menjalankan Instruksi Presiden (Inpres), hal itu telah disampakkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024, gagasan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, di Jakarta Convention Center (JCC), pada Senin (6/5).

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, Abdul Hanan.

PJ Wali Kota Lhokseumawe menjelaskan, dalam pertemuan itu, Presiden RI Joko Widodo menekankan pemerintah daerah agar seluruh program harus inline mulai dari pusat hingga ke daerah. Termasuk beberapa program utama seperti penanganan stunting, produksi pangan, dan program lainnya yang harus berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, kata Hanan, Presiden RI juga menyampaikan, akan menerbitkan inpres terkait jalan penghubung seperti ke pelabuhan maupun lokasi wisata, yang memiliki potensi peningkatan pendapatan ekonomi.

Selain itu, kata dia, Pemerintah RI melalui inpres juga akan menerbitkan sambungan air minum yang akan difasiilitasi oleh Kementerian pusat nantinya, dan ditargetkan akan direalisasi pada 2024 ini.

Kota Lhokseumawe sendiri, saat ini memiliki 2400 Sambungan Rumah (SR). Demi memaksimalkan kebutuhan warga yang mencapai 22.237 KK, pemerintah telah melakukan kerjasama dengan PT. Toya yang merupakan perusahaan tingkat nasional akan memenuhi kebutuhan SR di Lhokseumawe dengan standar kualitas air dapat langsung diminum.

“Insya Allah kita dapat segera diwujudkan dan menjalankan inpres ini semaksimal mungkin, terlebih sambungan air PDAM agar seluruh masyarakat Kota Lhokseumawe bisa menerima manfaatnya,” demikian ucap A Hanan.(*).