Beranda Aceh Utara Ratusan Pelajar Kunjungi Venue Terbang Layang di PON XXI Aceh-Sumut

Ratusan Pelajar Kunjungi Venue Terbang Layang di PON XXI Aceh-Sumut

Aceh Utara, Buana.News – Ratusan pelajar dari berbagai sekolah memadati venue pertandingan cabang olahraga terbang layang PON XXI Aceh-Sumut di Bandara Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, pada Selasa, 10 September 2024.

Rombongan pelajar yang tiba pada pagi hari berasal dari MAN 3 Aceh Utara, MIS Ulee Reuleung di Kecamatan Dewantara, dan TK Angkasa Buket Rata Lhokseumawe. Mereka datang dengan seragam sekolah dan didampingi oleh para guru. Setelah melapor kepada Panitia Pelaksana, mereka diberi fasilitas untuk masuk ke area bandara yang juga berfungsi sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga aerosport terbang layang.

Setiap kelompok sekolah diberi penjelasan secara bergantian mengenai olahraga terbang layang. Panitia juga menjelaskan pelaksanaan PON 2024 yang berlangsung di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara.

Armansyah, SKM, salah satu Panitia Pelaksana, menjelaskan kepada siswa MAN 3 Aceh Utara bahwa acara olahraga tingkat nasional ini telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Kota Banda Aceh. Ia juga menginformasikan bahwa siaran langsung tersedia di YouTube dan televisi serta ada acara nonton bareng di kecamatan-kecamatan.

Armansyah menambahkan bahwa olahraga terbang layang dapat dilakukan oleh siapa saja yang berani dan tidak takut ketinggian. Ada dua jenis pesawat yang digunakan: satu pesawat bermesin dan satu glider (pesawat tanpa mesin). Atlet terbang menggunakan glider yang ditarik oleh pesawat bermesin dan dilepas pada ketinggian tertentu. Penjelasan ini disambut antusias oleh para siswa.

Setelah penjelasan, siswa-siswa diperbolehkan untuk swafoto dan foto bersama di depan pesawat atlet. Susi Juliana, SPd, guru MIS Ulee Reuleung, mengungkapkan rasa terima kasih kepada panitia atas kesempatan yang diberikan. “Kami sangat berterima kasih atas izin masuk dan kesempatan untuk melihat langsung arena pertandingan. Ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami.”

Menjelang siang, venue terbang layang kembali dipadati oleh ratusan siswa MTsN 1 Kota Lhokseumawe yang dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Teuku Mukhlis, SPd.I. Kehadiran mereka disambut oleh Ketua Panitia Letkol Lek Farid Nazmi, ST, MMSc, dan Ketua Panwasrah Aerosport Laksda TNI Sony Santoso. Letkol Farid memandu siswa dengan penjelasan tambahan dan kuis yang membuat anak-anak sangat antusias, terutama karena panitia memberikan hadiah bagi yang menjawab pertanyaan dengan benar.

Wakil Kepala Sekolah MTsN 1 Kota Lhokseumawe, Teuku Mukhlis, SPd.I, menyampaikan apresiasi atas sambutan panitia. “Kami sangat menghargai sambutan ini. Kami melihat anak-anak sangat antusias, dan kami berharap kunjungan ini dapat menambah pengetahuan mereka tentang olahraga terbang layang,” ujarnya.