Beranda Aceh Utara Plt Camat Tanah Luas Lantik 49 Tuha Peut Dalam 3 Kemukiman

Plt Camat Tanah Luas Lantik 49 Tuha Peut Dalam 3 Kemukiman

Aceh Utara, Buana News – Plt Camat Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, Bakhtiar SE melantik Pj Mukim Seleumak Barat dan tuha peut dari tujuh gampong dalam tiga kemukiman, masa jabatan 2024-2030. Pelantikan berlangsung di Balai Desa Kecamatan setempat, Rabu 15 Mei 2024.

Tuha Peut yang dilantik terdiri dari para ketua, wakil dan anggota dari tujuh gampong di tiga Kemukiman. Antara lain, Gampong Rayeuk Naleung, Tgk Dibalei dari Kemukuman Teugoh. Gampong Teugoh PA, Matang Ben, Paya Berandang dari kemukiman Matang Pangkat dan Gampong Leuhong, Gampong Alue Sijuek dari Kemukiman Selemak Barat.

Dalam sambutannya, Bakhtiar berpesan, para tuha peut yang dilantik, agar memahami tugas pokok dan fungsi, sehingga dalam menjalankan amanah dapat berjalan dengan baik.

“Tuha peut adalah mitra kerja dari pada keuchik dalam mejalankan roda pemerintahan gampong, bukan sebaliknya,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan, peran tuha peut dalam gampong sangat menentukan. Selain berfungsi mengawasi manajemen pemerintahan gampong, juga dituntut untuk melahirkan qanun-qanug gampong diberbagai bidang. Mulai dari ekonomi, pendidikan, adat-istiadat dan budaya, serta hal-hal lain yang dianggap penting diatur.

Lebih lanjut, Bakhtiar juga mentampaikan, tuha peut juga bertanggung jawab menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Menyelesaikan sengketa yang timbul di masyarakat, memberikan nasehat kepada aparatur gampong. Mengayomi adat istiadat dan berbagai hal lain sesuai dengan gampong masing-masing.

Ia berharap, pelantikan tuha peut dapat melahirkan semangat baru untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, serta dapat memberikan pelayanan yang lebih baik di masa mendatang.