Beranda Aceh Islamic Relief Indonesia Serahkan Buku Tabungan Kepada Puluhan Anak Yatim

Islamic Relief Indonesia Serahkan Buku Tabungan Kepada Puluhan Anak Yatim

Banda Aceh, Buana.News – Islamic Relief Indonesia menyalurkan rekening tabungan kepada anak yatim dari Banda Aceh dan Aceh Besar yang baru mendapat sponsor pada kuartal pertama 2024. Acara ini berlangsung di Aula Dinas Sosial Provinsi Aceh.

Program Islamic Relief ini berawal dari tekad untuk meringankan kerentanan anak yatim pasca Tsunami 2004 di Aceh. Melalui Orphan Sponsorship Program (OSP), Islamic Relief Indonesia terus berupaya meningkatkan jumlah anak yatim yang disponsori dengan dukungan donor dari berbagai negara.

Child Welfare and Protection Coordinator Islamic Relief Indonesia, Yusrizal Puteh, menyatakan bahwa program ini merupakan komitmen Islamic Relief untuk mendukung pendidikan, kesehatan, dan pembiayaan anak-anak yatim di Indonesia.

“Sudah menjadi komitmen Islamic Relief untuk mendukung pendidikan, kesehatan, dan meringankan biaya hidup anak-anak yatim di Provinsi Aceh, khususnya di Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, dan Aceh Barat, melalui Orphan Sponsorship Program,” terang Yusrizal.

Yusrizal menambahkan bahwa Program OSP Islamic Relief Indonesia terus berupaya menjangkau anak yatim dari keluarga rentan di setiap kecamatan dalam wilayah kerja Islamic Relief Indonesia di Aceh.

Tidak hanya itu, lanjut Yusrizal, Program OSP Islamic Relief ini juga menyasar anak yatim dari keluarga rentan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, dan Kabupaten Cianjur di Jawa Barat.

Saat ini, Program OSP Islamic Relief Indonesia telah menyasar 1.755 anak yatim di beberapa provinsi di Indonesia, yaitu 958 anak di NTB, 140 anak di Sulawesi Tengah, 58 anak di Jawa Barat, dan 599 anak di Aceh. Jumlah ini akan terus ditingkatkan seiring dengan bertambahnya dukungan dari para donor.

Di Aceh, dukungan Program OSP Islamic Relief diberikan dalam bentuk dana yang disalurkan melalui Bank Aceh setiap tiga bulan sekali. Setiap anak yatim dan keluarganya menerima dana sebesar Rp. 1.500.000 per tahun, dengan total mencapai Rp. 6.000.000 untuk membiayai kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan dasar lainnya.

Tambah Yusrizal, Program OSP ini dijalankan oleh Islamic Relief Indonesia bekerja sama dengan Dinas Sosial Aceh, melibatkan peran TKSK di seluruh kecamatan, dan Bank Aceh sebagai penyalur dana sponsorship.

“Program OSP Islamic Relief Indonesia sangat terbantu dengan komitmen Pemerintah Aceh dan Bank Aceh Cabang Calang untuk mendukung program ini secara maksimal dan amanah ke depannya,” harapnya.

Yusrizal mengungkapkan harapannya bahwa dengan dukungan donor dari seluruh dunia, Islamic Relief Indonesia akan semakin banyak menjangkau anak yatim dari keluarga rentan di seluruh pelosok Aceh demi mencapai kesejahteraan dan perlindungan bagi anak-anak.