Home Aceh Utara Begini Isi Surat Pemkab Aceh Utara Untuk Gubernur Soal Imigran Rohingya

Begini Isi Surat Pemkab Aceh Utara Untuk Gubernur Soal Imigran Rohingya

578
0

Aceh Utara, Buana.News – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara secara resmi menyurati Pj Gubernur Aceh perihal pertimbangan penggunaan Integrated Community Shelter (ICS) untuk Imigran Rohingya, pada Rabu (20/12/2023).

Dalam surat bernomor 100/1942 tersebut, Bupati Aceh Utara Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si menyampaikan beberapa poin penting kepada Pj Gubernur Aceh sebagai berikut :

 

(1). Sehubungan dengan surat Pj. Gubernur Aceh Nomor : 300/17173 tanggal 27 November 2023 dan Nomor 300/17172 tanggal 27 November 2023 hal permohonan persetujuan penggunaan Integrated Community Shelter (ICS) di Blang Adoe Kabupaten Aceh Utara sebagai tempat penampungan sementara pengungsi Rohingya, setelah Kami telaah dan pelajari maka dapat Kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :
a. Kondisi saat ini di ICS Blang Adoe telah dihuni oleh 15 Kepala Keluarga (KK) sebanyak 51 jiwa.
b. Terdapat permasalahan aset dari kepemilikan terhadap ICS serta batas wilayah di lokasi tersebut.
c. ICS sudah pernah digunakan untuk menampung pengungsi Rohingya tahun 2015 namun terjadi konflik sosial baik antar sesama pengungsi maupun pengungsi dengan warga setempat.
d. Informasi yang berkembang, masyarakat di sekitar ICS menolak kehadiran imigran Rohingya tersebut dan dikhawatirkan akan kembali memicu konflik sosial yang serupa.

(2). Menindaklanjuti hal tersebut di atas, Kami mohon kepada Bapak Pj Gubernur Aceh berkenan untuk mempertimbangkan kembali agar ICS Blang Adoe tidak digunakan untuk pengungsi Rohingya.

(3). Demikian Kami sampaikan, atas perhatiannya Kami ucapkan terima kasih.

Sebagai informasi tambahan, sejak pagi tadi telah beredar di media sosial mengenai aksi penolakan imigran Rohingya yang rencananya dilaksanakan masyarakat Kecamatan Baktiya di Lhoksukon.

Perkumpulan masyarakat kecamatan tersebut menyerukan rencana aksi penolakan imigran Rohingya dan mereka diimbau berkumpul di warkop Hamyasa di Gampong Keude Alue Ie Puteh pukul 08.30 WIB.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here