Beranda Aceh Jaya Arus Tak Stabil, Perumda Tirta Mon Mata Minta PLN Optimalkan Layanan

Arus Tak Stabil, Perumda Tirta Mon Mata Minta PLN Optimalkan Layanan

Foto : Muhadi, Direktur Perumda Air Minum Tirta Mon Mata.

Calang, Buana.News – Dalam menjaga suplai air terap optimal, Perusahaan Milik Daerah Air Minum Tirta Mon Mata meminta PLN ULP Calang dan Teunom untuk mengoptimalkan pasokan arus listrik di Kabupaten Aceh Jaya.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Mon Mata, Muhadi, di Aceh Jaya, Calang, pada Jum’at (29/2/2024)

“arus listrik tidak stabil, hingga terjadi gangguan suplay air bersih dibeberapa unit produksi di Aceh Jaya,” ucapnya.

Ia menjelaskan, selama ini sering terhadi pemadaman lustrik, terkadang arus tidak stabil. Arua listrik PLN ini mengganggu operasional Perumda Air Minum Tirta Mon Mata.

Dengan terjadinya gangguan listrik, tentunya akan menimbulkan kerusakan pada pompa Intake, sehingga produksi air tidak mencapai target dan biaya operasional jadi membengkak tinggi.

“Kita berharap pihak PLN mencari solusi untuk terkait permasalahan listik selama ini, karena hal itu untuk kepentingan dan kenyamanan bersama,” pintanya

Sekali lagi kita munta solusi pada PLN agar suplai air bersih kepada masyarakat tidak terkendala, apalagi menjelang bulan Suci Ramadhan, tentunya masyarakat berharap tidak ada kendala dalam penyplaian air.

Sementara Manager PLN Calang, Zul Fahmi Dhuha saat dihubungi Buana.News mengatakan, ketidak stabilan arus listrik selama ini diaceh jaya dampak dari beberapa persoalan, salah satunya karena ada pemeriharaan secara tiba-tiba akibat dari gangguan.

“Kendala arus listrik di Aceh Jaya terjadi karena terjadinya beberapa persoalan, seperti di daerah Krueng Sabee, baru-baru ini terjadi pemadaman listrik beberapa kali, dampak dari layangan layang. Oleh kerena itu, kita harus melakukan sosialisasi kepada mereka. Silakan bermain layangan tapi jaga jarak dengan jaringan Listrik,” himbaunya.

Ia menjelaskan, kondisi didaerah lain, terjadi kendala akaibat pohon di pinggir jalan, sewaktu-waktu pohon tersebut tumbang hingga menimpa aliran listrik. Oleh karena itu, kuta meminta kepada masyarakat supaya dapat merelakan pohon tersebut untuk ditebang karena membahayakan jaringan listrik.

Untuk perbaikan dan peningkatan jaringan Listrik, salah satu cara kami harus melakukan penambahan peralatan, supaya saat terjadi gangguan dapat segera diback’up.

Salah satu upayakan PLN dalam memaksimalkan arus listrik sebelum bulan Ramadhan, pihaknya akan melakukan pemeliharaan. Bahkan, kata dia, dalam waktu dekat ini direncanakan tim dari Banda Aceh didatangkan ke Aceh Jaya untuk membantu kegiatan tersebut..

“Terus berupaya agar tidak terjadi prmadaman tak terencana, namun, bila itu terjadi, kita akan gerak cepat melakukan normalisasi,” pungkas Dhuha (Aswar)