Beranda Aceh Jaya Akselerasi Program Pertanian Dan Peletakan Batu Pertama OPLA Aceh Jaya

Akselerasi Program Pertanian Dan Peletakan Batu Pertama OPLA Aceh Jaya

Calang,Buana.News – Guna melakukan penanganan darurat pangan dan memperbaiki serta meningkatkan daya dukung lahan agar lebih produktif, Kementerian Pertanian tengah melakukan program Optimasi Lahan (OPLA). Salah satu wilayah yang disasar Kementan untuk program Optimasi Lahan adalah Aceh Jaya yaitu tepatnya di Desa Sapek, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Jum’at (03/05/2024).

Direktur Pembiayaan Pertanian Kementerian RI Sdri. Dr. Ir. Indah Megawati,MP. dan Kepala Pusat dan Data informasi Pertanian Intan Rahayu, S. Si., MT turut menghadiri kegiatan peletakan batu pertama dalam Optimasi Lahan Rawa (Oplah) Kabupaten Aceh Jaya.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Audiensi Kepada pelaku Oplah dan Pompanisasi/pipanisasi dengan perwakilan Masyarakat, Poktan, Distan Aceh Jaya dan Kodim 0114/Ajaya guna mengetahui kendala dan permasalahan yang di hadapi agar segera dicarikan solusi dan tidak menjadi hambatan bagi Akselerasi program yang sudah dicanangkan Kementerian Pertanian sehingga dapat dilaksanakan sesuai dengan Target Waktu yang sudah ditetapkan.

Dr.Ir. Indah Megawati, MP. mengungkapkan bahwa Optimasi Lahan dilakukan guna memperkuat ketahanan pangan nasional dengan menambah dan meningkatkan luas lahan, indeks panen dan produktivitas padi.

“Oplah rawa ini diprioritaskan pada pembangunan saluran irigasi di tingkat usaha tani, penguatan tanggul, drainase dan penataan insfrastruktur lahan sesuai tipologi dan Optimasi Lahan juga untuk meningkatkan infrastruktur lahan pertanian rawa melalui pembangunan atau rehabilitasi infrastruktur tata lahan dan air untuk peningkatan Indeks Pertanaman (IP) atau peningkatan produktivitas.

Dengan adanya program Optimasi Lahan Rawa ini diharapkan pengaturan air dan normalisasi saluran dapat dilaksanakan sesuai dengan hasil SID, sehingga dapat meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) juga produksi dan produktivitas padi,” jelas Dr.Ir. Indah Megawati, MP.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Waaster Kodam IM Letkol Inf Toni, Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Inf Alimudin S,E, Kadis pertanian Aceh Jaya Sdr. T Mufizar, Danramil 01/Jaya Kapten Inf Yudi Sawal, Camat Jaya Sdr. Samsudin Rani, S.Pd, dan Kapolsek Jaya diwakili Bripka A. Rapur serta Kelompok Tani dalam wilayah Kecamatan Jaya.