Beranda Aceh Jaya 113 Warga Binaan Lapas Kelas III Calang Berikan Hak Suara Pemilu 2024

113 Warga Binaan Lapas Kelas III Calang Berikan Hak Suara Pemilu 2024

Calang,Buana.News – Sebanyak 113 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Calang Aceh Jaya memberikan hak suara saat pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 pada Rabu tanggal 14 Februari 2024, Setempat

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Calang Yusaini mengatakan bahwa hak partisipasi politik tidak mengenal tempat. Baik itu dalam lapas maupun di luar lapas, petugas menyiapkan dan memastikan proses pemilihan berlangsung secara transparan dan adil untuk menciptakan suasana demokratis di mana setiap suara dihargai. Jum’at (16/02/2024)

“Keikutsertaan warga binaan ini, menggambarkan upaya untuk mewujudkan inklusifitas dan keadilan dalam proses demokrasi,” Yusaini.

Ia menjelaskan, dari total 113 warga binaan yang memberikan hak suara, mereka terbagi dalam beberapa kategori Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebanyak 61 orang masuk dalam DPT, menandakan bahwa mereka memiliki hak pilih sebagai warga yang telah terdaftar secara resmi.

Selain itu, 51 orang termasuk dalam kategori Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), menunjukkan keterlibatan mereka yang mungkin baru saja masuk di lembaga pemasyarakatan.

Dari jumlah 137 orang warga binaan hanya 113 orang yang dapat memberikan suaranya, hal ini dikarenakan jumlah surat suara yang ada hanya berjumlah 113 surat suara, selain itu beberapa dari warga binaan tidak memiliki NIK KTP.

“Dengan partisipasi dari berbagai kategori DPT dan DPTb, pemilu di dalam lapas menjadi representatif dari beragam latar belakang dan kondisi warga binaan,” imbuhnya.

Ia menekankan, pentingnya hak suara sebagai bagian dari hak asasi manusia, serta keinginan untuk memastikan bahwa setiap warga binaan memiliki peluang yang sama dalam mengambil bagian dalam proses demokrasi.

“Setiap suara memiliki nilai dan dampaknya, ini adalah langkah positif menuju pembangunan masyarakat yang adil dan berkeadilan,” ungkap Kalapas Calang.

Sementara itu, ketua KPPS Lapas kelas III Calang, Riki Ketaren mengatakan bahwa KPPS Lapas yang beranggotakan dari pegawai Lapas Calang sendiri.

“Berkat kerja keras dan tanggung jawab dari seluruh anggota KPPS TPS khusus Lapas Calang hingga berjalan dengan baik dan sukses hingga selesai”

Kekinian, Rekapitulasi surat suara dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota sudah kami serahkan ke tingkat PPS dengan keadaan baik dan lengkap, pungkas Riki Ketaren Ketua KPPS Lapas Calang.