Home Daerah SMP Negeri 13 Lhokseumawe Siapkan Generasi Beriman, Terampil, dan Berwawasan Lingkungan

SMP Negeri 13 Lhokseumawe Siapkan Generasi Beriman, Terampil, dan Berwawasan Lingkungan

Lhokseumawe, Buana.News – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Lhokseumawe memiliki visi “Mewujudkan Peserta Didik Yang Beriman, Bertaqwa Kepada Allah, Terampil, Unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).serta Berwawasan Lingkungan.”

Visi ini menjadi pedoman dalam berbagai kegiatan dan program sekolah, hal itu bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga kuat dalam iman dan peduli terhadap lingkungan.

“Untuk mewujudkan visi ini, kami fokus pada pembudayaan nilai-nilai keagamaan di kalangan peserta didik. Sekolah secara rutin melaksanakan kegiatan ibadah seperti shalat zhuhur berjamaah, pembacaan Asmaul Husna setiap hari Selasa hingga Kamis, pembacaan Yasin setiap hari Jumat, serta kegiatan sedekah pada hari Jumat. Dengan demikian, sekolah tidak hanya menjadi tempat belajar ilmu pengetahuan, tetapi juga pusat pembentukan karakter Islami,” ujar Kepsek SMP Negeri 13 Nasdarifa, SPd kepada buana.news, Senin (12/8/2024).

Para Siswa di SMP Negeri 13 Lhokseumawe sedanf membac Yasin dan diawasi oleh Dewan Guru pada setiap hari Jumat.

Selain itu, kata dia, SMP Negeri 13 Lhokseumawe juga menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). Setiap siswa diwajibkan bersalaman dengan guru saat masuk dan pulang sekolah, hal itu merupakan bagian dari pembiasaan hidup disiplin dan berjiwa sosial. Para guru dan tenaga pendidikan juga berperan sebagai teladan yang baik, yang diharapkan dapat diikuti oleh para siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Para tenaga didik di SMPN 13 Lhokseumawe

Tambah Nasdarifa, SMP Negeri 13 Lhokseumawe tidak hanya berfokus pada pembentukan karakter, tetapi juga pengembangan potensi akademik dan ekstrakurikuler siswa. “Sekolah memberikan dukungan penuh untuk pengembangan literasi, numerasi, serta prestasi akademik serta olahraga,” tuturnya.

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler berbasis karakter, seni, dan olahraga diselenggarakan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Dalam proses pembelajaran, sekolah menerapkan metode yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan, serta berbasis teknologi informasi (IT). “Para siswa juga difasilitasi untuk menguasai teknologi informasi, yang merupakan kebutuhan penting di era digital saat ini,” kata kepsek.

Selain poin tersebut, lanjut Nasdarifa, SMP Negeri 13 Lhokseumawe terus berupaya mewujudkan lingkungan sekolah yang asri, bersih, indah, hijau, sehat, dan nyaman. Berbagai program kebersihan dan penghijauan dijalankan, termasuk pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dengan mendorong siswa membawa tempat makan dan minum sendiri.

“Kerjasama dengan berbagai pihak seperti Puskesmas, POLSEK, dan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak juga dilakukan untuk mendukung kesehatan dan keselamatan siswa. Semua upaya ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman bagi seluruh warga sekolah,” jelasnya.

Tidak hanya itu,berbagai upaya SMP Negeri 13 Lhokseumawe dalam pengembangan potensi siswa telah membuahkan hasil yang membanggakan. Beberapa prestasi yang telah diraih. Di antaranya, Nurmasyitah, Juara 1 atletik putri pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) se-Kota Lhokseumawe tahun 2022, Zurmela, Juara 1 atletik putri pada O2SN se-Kota Lhokseumawe. Muhammad Balya Mulkan, Juara 3 atletik putra pada O2SN se-Kota Lhokseumawe tahun 2024.

Kemudian, papar Nasdarifa, Muhammad Adamul Kiram, Juara Harapan 2 lomba azan se-Kota Lhokseumawe yang diselenggarakan oleh Lembaga Keistimewaan Aceh tahun 2023 dan Juara I Lomba Ketangkasan Baris-Berbaris (LKBB) yang diselenggarakan oleh Dispora Kota Lhokseumawe tahun 2024.

“Dengan visi yang kuat dan program-program yang komprehensif, SMP Negeri 13 Lhokseumawe berkomitmen untuk terus membentuk peserta didik yang beriman, bertakwa, terampil, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki wawasan lingkungan,” tutup Nasdarifa. (ADV).

Exit mobile version