Beranda Aceh Jaya Sekretaris Daerah Buka Sosialisasi dan Simulasi Sekolah Aman Bencana

Sekretaris Daerah Buka Sosialisasi dan Simulasi Sekolah Aman Bencana

Calang,Buana.News – Sekretaris Daerah Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi membuka kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Sekolah Aman Bencana di Aula Kantor Bupati Aceh Jaya. Rabu (15/05/2024).

Diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Perwakilan Polres Aceh Jaya, Perwakilan Kodim 0114/Aceh Jaya, Kepala BMKG Aceh Besar, perwakilan SKPK Aceh Jaya, Kepala Sekolah serta Dewan Guru dan Siswa-siswi Kabupaten Aceh Jaya.

Dalam sambutannya, T. Reza Fahlevi menyampaikan bahwa penanggulangan bencana harus direncanakan secara terencana, terpadu, dan terkoordinasi dengan melibatkan semua pemangku kepentingan.

“Pengurangan risiko bencana merupakan bagian penting sebagai upaya proaktif dalam penanggulangan bencana,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Sekolah Aman Bencana ini, yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui BPBK Aceh Jaya.

“Harapan saya, seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan antusias, aktif, dan bersemangat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri menyampaikan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk melindungi siswa dan guru dari risiko kebencanaan serta memperkuat ketangguhan komunitas sekolah dalam menghadapi bencana.

Simulasi Sekolah Aman Bencana diikuti oleh 150 peserta, terdiri dari 100 siswa dari SMPN Unggul Calang, 15 siswa dari SMPN 1 Calang, 2 siswa dari SMPN 1 Krueng Sabee, 2 siswa dari SMPN 2 Krueng Sabee, 5 siswa dari MTsN Calang, 6 siswa dari SMKN Calang, 10 siswa dari SMAN Calang, 5 siswa dari SMP Darul Abrar, dan 5 siswa dari SMA Darul Abrar.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa dan guru tentang pentingnya sekolah aman bencana, serta membekali mereka dengan keterampilan untuk menghadapi dan menanggulangi bencana.