Beranda Aceh Utara Pertandingan Berbagai Cabor dan Lomba Gema Anak Shaleh Meriahkan HUT PT PIM...

Pertandingan Berbagai Cabor dan Lomba Gema Anak Shaleh Meriahkan HUT PT PIM ke 42

Aceh Utara, Buana.News – Dalam rangka memperingati hari jadi ke 42, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) mengelar berbagai kegiatan olah raga, pentas seni, hingga perlombaan gema anak Shaleh, kegiatan tersebut berlangsung sejak 8 Januari dan berakhir pada 21 Februari 2024 di komplek perumahan perusahaan tersebut.

Adapun cabor olah raga yang dipertandingkan dalam kegiatan itu, dIantaranya, Badminton, Bola Voli, Tenis Meja, Futsal, Viral Beregu (Lari, Sepada dan Jalan). Selain itu, perlombaan membuat Film Pendek, Fashion Show khusus untuk anak-anak, Seni Paduan Suara dan Seni Trio Vokal.

Pertandingan dan perlombaan tersebut merupakan rangkai kegiatan umtuk memeriahkan HUT PT PIM ke 42. Selain itu kegiatan Sharing Knowledge dengan menghadirkan pembicara handal. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan dalam mencari solusi praktis terhadap permasalahan yang dihadapi oleh PT PIM.

Salah satu kegiatan yang menonjol adalah “Pembersihan Masjid”, di mana PT PIM membersihkan dan mendukung program inovatif di beberapa masjid bersejarah di Aceh. Program inovatif tersebut meliputi pembagian bola lampu LED, sosialisasi tatacara pengolahan sampah organik kepada masyarakat secara berkelanjutan, dan penanaman pohon, hal itu bagian dari komitmen perusahaan dalam melestarikan lingkungan.

TJSL dan Humas Zulhadi didampingi Ketua HUT, Jimmy Fauzan mengatakan, rangkaian kegiatan dalam rangka perayaan HUT PT PIM ke 42 memberikan dampak positif kepada masyarakat, baik itu kegiatan olah raga, Berbagi Ilmu, membersikan Masjid, pentas seni hingga Lomba Gema Anak Shaleh.

Pada tanggal 14 Januari 2024, PT PIM mengelar Lari Maraton 5 Km yang diikuti oleh 350 peserta yang berasal dari seluruh keluarga besar karyawan PT PIM dan mitra kerja perusahan. Kemudian, pada tanggal 03 dan 04 Februari, PT PIM menggelar Lomba Renang dan kompetisi Taekwondo yang diikuti oleh siswa-siswi untuk jenjang pendidikan Sekolah (SD), SMP dan SMA PT PIM,” tambahnya.

PT PIM Menjaga dan Mendudungkun Kearifan Lokal Aceh

Dalam menjaga serta mendukung kerarifan lokal aceh, kata Zulhadi, PT Pupuk Iskdar Muda juga mengadakan Tausiah Islamiah. Kegiatan itu telah dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2024 (ba’da magrib) dan 16 Februari 2024 (ba’da subuh) di Mesjid Al Muntaha, dengan menghadirkan pembicara kindang, yaitu Ustazd Irfan Yusuf.

Kemudian Lomba Gema Anak Shaleh PIM-2, sambung Zulhadi, kegiatan yang diikuti oleh para siswa-siswi, juga telah berlangsung sejak 17 hingga 18 Februari 2024 di Masjid Al Muntaha PT PIM. Kegiatan yang diikuti oleh 166 peserta yang didominasi oleh anak-anak ini, merupakan upaya pihak perusahaan dalam membentuk karakter dan inspiratif mereka.

Ia menjelaskan, jenis lomba Gema Anak Shaleh diantaranya Lomba Azan, Lomba Hafalan Ayat Pendek dan Lomba Hafalan Tahfiz (5 Juz). Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para peserta dalam memahami nilai-nilai keagamaan, moral serta sosial.

“Lomba Gema Anak Shaleh bertujuan untuk hembentuk inspiratif anak, agar mereka berkembang menjadi pribadi yang baik, bertanggung jawab dan beriman,” ujar Zulhadi.

Selanjutnya kegiatan Pembersihan Masjid Tapak Tilas Sejarah Aceh (Mosque Clean Up), ini merupakan wujud pengabdian PIM terhadap lingkungan masyarakat Aceh, di mana pada kegiatn ini kita melakukan gotong-royong memberihan 4 Masjid yang berkaitan dengan sejarah Kerajaan Aceh.

Iya, empat Mesjid kami bersikan dalam rangka perayaan Milad PT PIM ke 42 ini. Pada 16 Februari 2024, kami turun ke Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara untuk membersihkan Masjid Museum Cut Meutia. Kemudian tanggal 20 Februari hal serupa juga kami lakukan di Masjid Awe Geutah , Kecamtan Peusangan, Kabupaten Bireun, kemudian pada tanggal 21 Februari di Masjid Habib Bugak, Kecamatan Jangka, serta pada tanggal 22 Februari kami turun ke Masjid Samudera Pasai di Kecmatan Samudra dengan kegiatan yang sama. Bahkan, setiap Mesjid yang didatangi, PT PIM melakukan penanaman pohon Pucuk Merah di lingkungan masjid.,” ujar Zulhadi.

Selain itu, pada kegiatan kearifan lokal ini, karyawan PT PIM secara sukarela mengumpulkan sumbangan untuk diberikan kepada setiap masjid-masjid yang datangi.

Selain melakukan pembersihan Masjid, lanjut Zulhadi, PT PIM juga melaksanakan Inovasi Dayah, kegiatan itu merupakan salah satu program perusahaan. Program ini mengangkat tema ‘Dayah Terang Ibadah Gemilang’.

“Panitia HUT PT PIM ke 42 turun langsung ke Dayah-Dayah untuk membagikan sejumlah Bola Lampu LED,” tutur Zulhadi.

Pada agenda yang sama, Pihak perusahaan juga melaksanakan sosialisasi terkait Program Pengolahan Sampah Organik kepada masyarakat. Dalam hal ini kami memberikan pemahaman tentang tatacara mengolah sampah organik agar dapat dimanfaatkan dengan memberikan Compos Bag.