Beranda Aceh Utara Latih Perbengkelan dan Barbershop, PT PIM Ciptakan Wirausaha Muda Handal

Latih Perbengkelan dan Barbershop, PT PIM Ciptakan Wirausaha Muda Handal

Aceh Utara, Buana.News – PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) resmi membuka Pelatihan Perbengkelan Motor Injeksi dan Barbershop Tahun 2024. Pembukaan ini menandai langkah konkret dalam pengembangan keterampilan dan semangat wirausaha pemuda.

Acara pembukaan dihadiri Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh, Rahmad Faisal, Subkoordinator Pemberdayaan BPVP Banda Aceh, Fajari Arif Setia, Wakil Ketua FKLPID Aceh T. Jailani Yacob serta Staf BPVP Banda Aceh Fathur Maulana, Staf Umum BPVP Banda Aceh Fadhiel Nur.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Kecamatan Dewantara Nawafil Mahyuda, Sekretaris Bappeda Aceh Utara Inong Sofiarini, Kadis Penanaman Modal, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Utara Nyak Tiari, Kepala UPTD BLKI Aceh Utara Nurul Akmal, Ketua Forum Geuchik Dewantara Tgk Razali, Ketua Karang Taruna Dewantara Syafrizal, serta Instruktur Pelatihan Motor Injeksi dan Barbershop.

Perbengkelan dan Barbershop diikuti oleh 32 pemuda, peseta dua bagian, diantaranya 16 orang di bidang Barbershop dan 16 peserta di bidang Perbengkelan Motor Injeksi.

Pelatihan tersebut merupakan kelanjutan dari rangkaian program pelatihan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2021, di antaranya Pelatihan Teknisi AC, Barista, Barbershop, Tata Boga, Welder, Kelistrikan serta Panel Surya.

Vice President TJSL & Humas PT PIM Saiful Rakjab dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari Program Youth EntrepreneurShip (YES). Kegiatan itu bertujuan untuk mencetak wirausahawan muda yang produktif dan memiliki keterampilan unggul.

“Pelatihan ini juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia secara berkelanjutan,” terang saiful, Selasa 20/08/2024.

Saipul berharap kepada seluruh peserta serius dan disiplin dalam mengikuti pelatihan ini. “Kami yakin, dengan minat yang besar dan komitmen yang kuat, para peserta dapat mengembangkan ilmu dan keterampilan mereka ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

“Dengan pembukaan pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat memanfaatkan waktu 20 hari ke depan untuk menyerap ilmu dan mengasah keterampilan, hingga nantinya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam memulai usaha mandiri,” demikian harap Vice President TJSL & Humas PT PIM Saiful Rakjab.

Sementara itu, Camat Dewantara Nawafil Mahyuda dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas SDM di Kecamatan Dewantara, diharapkan bisa berlanjut di berbagai bidang keahlian yang bisa bersaing di pasar kerja regional maupun daerah.

“Diharapkan kepada pemuda dengan adanya kepedulian Perusahaan di bidang pelatihan Vokasi ini diharapakan pemuda-pemuda usia produktif ini tidak bergantung kepada perusahaan dan bisa menciptakan lapangan kerja dan keahlian serta bisa menciptakan finansial,” demikian harapnya.

Pada kegiatan yang sama, Kepala BPVP Banda Aceh Rahmat Faisal menyampaikan apresiasi kepada PT Pupuk Iskandar Muda yang telah melakukan Kerjasama dalam mendukung program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan pemuda usia produktif untuk mendapatkan ketrampilan melalui Pendidikan Vokasi guna mempersiapkan SDM yang siap bersaing di dunia Kerja maupun wiraswasta.

”Peluang kerja di sektor formal sangat terbatas, apalagi Perusahaan seperti PT PIM, tentunya dalam merekrut tenaga kerja harus sesuai dengan kebutuhan proses bisnis Perusahaan,” paparnya.

Oleh karena itu, Rahmat Faisal, pihaknya mengajak generasi muda untuk lebih terbuka wawasan dan cara berpikir, dengan mengikuti pelatihan Vokasi.

Pihaknya juga mendorong pemuda usia produktif untuk berani terjun ke dunia entrepreneur. “Kita sedang mencetak entrepreneur-entrepreneur muda di daerah-daerah agar siap bersaing di dunia usaha baik di domestic maupun di luar.

Ia juga menekan para peserta untuk tekun dan keseriusan, karena hal tersebut menjadi modal utama.

Rahmat Faisal menambahkan, PT PIM sebuah perusahaan yang menjadi mitra DUDI dari BPVP Banda Aceh dan FKLPID Aceh. “Kita telah terbangun kejasamanya sejak tahun 2021, dan sampai sekarang masih menjadi mitra terbaik, banyak program TJSL PT PIM diduplikasi oleh mitra DUDI Perusahaan lain di Aceh seperti PT Mifa Bersaudara dan PT Bara Energi Lestari dan dukungan Prov. Aceh,

“Kerjasama ini kami rasa sangat luar biasa, salah satu dedikasi dari PT PIM untuk kemajuan daerah di bidang Pendidikan Vokasi serta pemberdayaan pemuda usia produktif di Aceh,” demikian tutup rahmat. (Redaksi).