Beranda Aceh Jaya KIP Aceh Jaya Jalin Kerjasama Dengan PWI

KIP Aceh Jaya Jalin Kerjasama Dengan PWI

Foto bersama antara Pegurus Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Aceh Jaya, Bersama Ketua dan Komisioner KIP saat beraudensi ke Kantor KIP setempat.

Calang, Buana.News – Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Jaya menjalin kerjasama dalam rangka menyukseskan helatan Pilkada serentak tahun 2024.

Hal tersebut menindaklanjuti Surat Edaran PWI Pusat nomor: 391/PWI-P/LXXVII/2024 tentang kerjasama dengan Pemerintah Daerah, KPU/KIP, TNI/Polri.

Surat Edaran Mendagri bernomor 200.2.1/2222/SJ itu, berisi tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota Serentak Tahun 2024.

Dimana, pada poin 2 huruf (a) dan (b) SE Mendagri menyebut, meningkatkan partisipasi asosiasi wartawan dan media dalam sosialisasi, edukasi dan literasi yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, mencerdaskan pemilih dan mencegah pemberitaan negatif guna memperkuat legitimasi hasil Pilkada.

Berdasarkan hal tersebut, PWI Aceh Jaya menyambangi sekretariat KIP setempat, pada Rabu (5/6/2024), untuk beraudiensi dan membahas rencana program dan kerjasama yang nantinya dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman bersama (MoU).

Ketua PWI Aceh Jaya, Hendra menuturkan, PWI Aceh Jaya siap sinergi dengan KIP setempat dalam menyukseskan Pilkada 2024 dan menjadi mitra dalam memberikan edukasi kepada masyarakat

“Kami telah menyepakati dengan KIP Aceh Jaya tentang apa – apa saja langkah yang nantinya akan dilakukan dan akan tertuang dalam MoU bersama. Kami berharap, Pemilu 2024 berjalan dengan sukses” ujar Hendra

Untuk itu, lanjutnya, audiensi ini dilakukan untuk bisa meningkatkan komunikasi dengan baik sebagai langkah awal dalam melanjutkan kerjasama kedepannya.

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Jaya, Hendri Gunawan menyambut baik maksud dan tujuan kehadiran PWI Aceh Jaya. Hendri menyebutkan, kerjasama kedepannya sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada.

“Kami akan tindak lanjut hasil pertemuan hari ini. Kami juga akan meninjau regulasi yang ada. Semoga kedepannya, langkah kerjasama ini mampu menyukseskan Pilkada 2024” ujarnya (Aswar)