Home Aceh Dari 18 Anggota PWI Aceh Peserta UKW Angkatan XIX, Satu Belum Kompeten

Dari 18 Anggota PWI Aceh Peserta UKW Angkatan XIX, Satu Belum Kompeten

Suasana acara penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers bekerja sama dengan Lembaga Uji PWI dan Kompas di Banda Aceh, 27-28 September 2024. (Foto Abdul Hadi/PWI Aceh)

Banda Aceh, Buana.News – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Dewan Pers bekerja sama dengan Lembaga Uji Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Kompas di Banda Aceh berakhir pada 28 September 2024, setelah berlangsung selama dua hari.

Dari total 18 peserta UKW dari PWI Aceh, 17 orang dinyatakan kompeten. Sementara itu, dari enam peserta yang mengikuti UKW melalui Lembaga Uji Kompas, dua di antaranya belum memenuhi standar kompetensi.

UKW yang dilaksanakan oleh PWI Aceh diikuti oleh 12 peserta jenjang Muda dan enam peserta jenjang Madya. Dari kelompok jenjang Muda, satu peserta dinyatakan belum kompeten.

Sementara itu, seluruh peserta dari Lembaga Uji Kompas berada pada jenjang Muda. Dari enam peserta tersebut, empat dinyatakan kompeten, sementara dua lainnya belum memenuhi standar kompetensi.

Pengumuman hasil UKW PWI disampaikan oleh Sayid Iskandarsyah, penguji dari PWI Pusat, didampingi oleh dua penguji lainnya, T. Haris Fadhillah dan Taufan Pamungkas.

“Dari 18 wartawan PWI yang mengikuti UKW Angkatan XIX, 17 orang dinyatakan kompeten, sementara satu orang belum kompeten,” ungkap Sayid Iskandarsyah.

Sementara itu, pengumuman hasil UKW dari Lembaga Uji Kompas disampaikan oleh penguji, Evy Rachmawati. Ia mengonfirmasi bahwa dari enam peserta jenjang Muda, empat di antaranya dinyatakan kompeten.

“Dari enam peserta yang mengikuti UKW Lembaga Uji Kompas, empat dinyatakan kompeten, sementara dua lainnya belum memenuhi standar,” jelas Evy Rachmawati.

Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Dewan Pers, Tri Agung Kristanto, dalam sambutannya saat menutup kegiatan tersebut, memberikan apresiasi kepada Lembaga Uji PWI yang terus mendorong wartawan untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Ia juga mengingatkan para wartawan yang telah dinyatakan kompeten untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kualitasnya sebagai jurnalis. Bagi peserta yang belum kompeten, Tri Agung Kristanto mendorong mereka untuk terus belajar dan mempersiapkan diri guna mengikuti ujian di masa mendatang hingga dinyatakan kompeten.

Kegiatan yang berlangsung di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh ini dihadiri oleh Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin, Sekretaris Muhammad Zairin, serta sejumlah pengurus PWI lainnya. (*).

Exit mobile version