Beranda News Perkuat SDM Alumni, Ikatif Unimal Adakan Pelatihan Web Programming

Perkuat SDM Alumni, Ikatif Unimal Adakan Pelatihan Web Programming

Perkuat SDM Alumni, Ikatif Unimal Adakan Pelatihan Web Programming

Lhokseumawe, Buana.news – Ikatan Alumni Teknik Informatika (IKATIF) Universitas Malikussaleh mengadakan workshop Web Programming dan kembangkan sistem informasi website alumni. Kegiatan dilaksanakan di Aula Hotel Diana, Minggu (25/12/2022).

Kegiatan pelatihan web programming bertujuan untuk memberikan gambaran awal kepada mahasiswa dan alumni Teknik Informatika Unimal agar memiliki pemahaman dasar tentang peluang pekerjaan masa depan khususnya dibidang Informasi dan Teknologi.

Workshop yang dilaksanakan Ikatif bertema “Menjadi programmer handal di era digital, memaksimalkan website dan media digital untuk Bisnis”. Disampaikan dalam bentuk workshop oleh tiga pemateri yaitu, Rahmadi M. Ali, ST, Safriadi, ST., M.Kom dan Riski Suwanda, ST., M. Kom.

Dalam acara pembukaan workshop dan launching website Ikatif turut berhadir Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Partai Demokrat, Muslim, S.HI.,MM yang juga Ketua DPD Demokrat Aceh, Manajer PLN ULP Lhokseumawe, Adam Ramandhita, A.Md, Anggota DPRA Komisi VI, H. Tantawi.

Ketua Ikatif Unimal, Firdaus Noezula dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan program Kerjasama yang didukung penuh oleh Anggota DPR RI Bang Muslim dan PLN Peduli.

“Terima kasih atas kepedulian Bang Muslim dan PLN Peduli, yang telah mensupport penuh kegiatan Web Programming dan Pengembangan Media Informasi Ikatif. Acara ini sangat bermanfaat dan kita berharap kegiatan ini bisa menjadi modal awal bagi Alumni dan mahasiswa khususnya mahasiswa Teknik Informatika,” Ujar Firdaus Noezula yang juga mantan Presiden Mahasiswa Unimal.

Manajer PLN ULP Lhokseumawe dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seperti sangat bermanfaat, karena PLN dalam menjalankan tugasnya juga menggunakan aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pelanggan untuk menyampaikan semua keluhan masyarakat.

“PLN sangat mengapresiasi acara seperti ini, karena bagian daripada mendidik generasi untuk menciptakan programmer masa depan, PLN saat ini sudah menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan keluhan pelanggan dalam pelayanan,” Ujar Adam Ramandhita.

Diakhir sesi sambutan, Bang Muslim menyampaikan dihadapan peserta semua, bahwa perkembangan dunia selama Era Pasca pandemi atau New Normal ini sangatlah pesat dan hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh perkembangan Teknologi dan Informasi (IT) yang sangat cepat.

“Saat ini kita sudah memasuki era revolusi industry 4.0 yang semuanya terintegrasi dengan internet. Adanya perubahan itu, juga mendorong terciptanya strategi-strategi dan peluang-peluang baru untuk dapat dimanfaatkan, Seperti menjadi Programmer, Web Developer, IT Suport, IT Maintenance, Sofware Developer dan berbagai profesi yang berkaitan dengan IT,” Ujar Bang Muslim.

Lebih lanjut, Bang Muslim berharap bahwa generasi muda harus semangat dalam menuntut ilmu pengetahuan, khususnya ilmu Teknologi Informasi atau ilmu Web Developer. Dimasa depan harus ada anak-anak Aceh yang bisa sekolah dan bekerja di Luar Negeri.

Pelatihan Web Programming menghadirkan 3 pemateri, Riski Suwanda, ST.,M.Kom menyapaikan tentang Dasar-dasar pemrograman web, Safriadi, ST., M.Kom tentang Web Framework dan teknologi pengembangan Website dan diakhir sesi disampaikan oleh Rahmadi M. Ali, ST menyampaikan tentang pengembangan media informasi IKATIF Unimal.