Beranda Aceh Utara Genjot Kompetensi Literasi, PGRI Aceh Utara Gelar Bimtek Guru Menulis

Genjot Kompetensi Literasi, PGRI Aceh Utara Gelar Bimtek Guru Menulis

Aceh Utara, Buana News – Dalam rangka  meningkatkan kompetensi literasi guru, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Aceh Utara, menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Guru Menulis, di Hotel Lido Graha, Uteunkot Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Kamis 22 Desember 2022.

Secara resmi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Jamaluddin. S.Sos, M.Pd, yang diwakili Kabid Dikdas, Dr. Irhamni M.Ag, membuka acara tersebut.

Saat dikonfirmasi media ini, Irhamni menjelaskan tentang pentingnya melakukan kegiatan menulis untuk peningkatan literasi bagi guru.

“Sebelum kita meminta anak-anak untuk cerdas be literasi, tentu kita seorang guru juga harus memiliki kecerdasan itu.” jelas Irhamni.

Baca juga :   Fasilisitas Desa Dirusak OTK, Keuchik Cibrek Lapor Ke Polres Aceh Utara

Dirinya berharap, setelah kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan menulis bagi guru, yang dibuktikan dengan mahir nya berbagai karya-karya tulisan.

“Hingga saat ini banyak guru di Aceh Utara yang telah memiliki buku, baik yang dihasilkan secara kolaborasi atau sendiri-sendiri, seperti Pak Manan tadi, ia sedang finishing menulis buku Cut Meutia, yang dilakukan melalui riset secara mendalam.” Ungkapnya.

Selain itu, Ketua PGRI Aceh Utara, Sarjan, S.Pd, M. Kom.I, mengatakan, acara ini, sumber pendanaan utamanya dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek RI, dilaksanakan selama satu hari dari pagi hingga sore dan diikuti oleh 200 peserta secara luring, serta 600 peserta secara during. Ini terlaksana atas kerjasama dan  dukungan semua pihak, diantaranya, Dinas P&K Aceh Utara, CABDIN Aceh Utara, PGRI Propinsi dan Anggota DPR-RI, Asal Partai Demokrat, Muslim, S.HI, M.M.

Baca juga :   Pimpin Apel Gabungan, Pj Bupati Aceh Utara Singgung Sejumlah Kondisi Fasilitas Umum

“Hari ini PGRI Aceh Utara membuat suatu kegiatan, yaitu Bimtek Guru Menulis Bersama Guru Aceh Utara, yang pematerinya kami datangkan dari Pengurus Besar PGRI Pusat Jakarta.” Sebut Sarjan.

“Menulis dengan guru suatu hal yang tak dapat dipisahkan, oleh karenanya menulis perlu selalu meng update ilmunya”.

“Dengan kegiatan ini kita berharap, guru kita dapat mengupdate ilmunya, sehingga tulisan-tulisan yang diproduksi ke depan lebih berkualitas tentunya, peserta bimtek ini diikuti oleh semua guru di semua jenjang, baik Madrasah dan Sekolah Umum, dengan merekrut peserta dari pengurus cabang di Kecamatan”, tambah Sarjan.

Baca juga :   Pj Bupati Aceh Utara Pulangkan Pasien Korban Penembakan Dari RSUZA

Secara terpisah, Wakil Ketua PGRI propinsi Aceh, Mustafa,S.PD, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PGRI Aceh Utara dalam kegiatan Bimtek guru menulis bersama guru Aceh Utara.

“Ini suatu kegiatan positif, dan perlu dilanjutkan untuk masa yang akan datang, karena dengan ada kegiatan seperti ini sangat membantu guru dalam mengembangkan diri guru dalam mendidik siswanya nanti, mampu memberi inovasi terbaru terhadap peserta didik, untuk itu kami sangat mengapresiasi kegiatan ini”, tutupnya.