Beranda Ekonomi 43 Kepala Keluarga di Aceh Jaya Terima Bantuan program KAT, Bupati Sampaikan...

43 Kepala Keluarga di Aceh Jaya Terima Bantuan program KAT, Bupati Sampaikan Ini

Bantuan yang hendak disalurkan kepala keluarga seunong bhakti, Program KAT Gampong Glee Putoh Kecamatan Panga.*(foto.Buana.News/Sam).

Calang, Buana.News – Sebanyak 43 Kepala keluarga di Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Keluarga penerima manfaat (KPM), terima bantuan pemberdayaan dalam program Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Bahkan dalam program ini, pemerintah juga akan memberikan pembinaan kepada para pertanian perkebunan. Selain itu para petani juga akan mendapatkan bantuan bibit, alat semprot, obat-obatan, mulsa, pupuk dan perlengkapan lainnya dari Dinas Sosial dari program Komunitas Adat Terpencil (KAT) dimasa yang akan datang.

Hal tersebut seabagimana disampaikan, Bupati Aceh Jaya, T.Irfan TB, kepada Buana.News, Rabu (13/10/2021). Ia memaparkan, sebanyak 43 kepala keluarga yang menerima manfaat di Gampong Glee Putoh, Kecamatan Panga, merupakan Komunitas Adat Terpencil.

“Kecamatan Panga yang dikenal dengan komunitas masyarakat yang mengandalkam hasil pertanian jagung, padi, sawit dan karet serta jenis perkebunan lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mereka mayoritas dipetani dan perkebunanan yang meliliki ekonomi renda,” ujar Irfan.

Baca juga :   Pelaku Usaha Mikro di Medan Dapat Bantuan dari Polsi

Lebih lanjut dikatakan, untuk potensi wilayah perkebunan di Aceh Jaya saat ini sangat memungkinkan untuk dikembangkan, bahkan dibeberapa kecamatan dapat dikatakan telah berhasil mengembangkan perkebunan dan pertanian. Apalagi persediaan lahan di kabupateni ini masih sangat luas, bahkan mencapai ratusan hektare disetiap kecamatan.

Namun demikian, untuk Kecamatan Kanga, hingga saat ini masyarakat belum mampu menghasilkan produksi yang maksimal, para petani masih berharap dukungan pemerintah. Pemerintah Aceh Jaya sedang mempreoritaskan lahan HGU yang telah dibebaskan dari pengelolaan perusahaan, akan dibagikan kepada warga secara penuh dan menjadi hak milik mereka.

Dalam kesempatan itu, Bupati Irfan TB juga menyerahkan bantuan secara simbolos kepada masyarakat Seunong Bhakti Gampong Glee Putoh, penyerahan bantuan tersebut berlangsung di halaman masjid darurat gampong setempat.” Saya berpesan kepada para penerima bantuan ini supaya dapat dimanfaafkan sesuai dengan keparluan masing-masing” ucap Bupati.

Baca juga :   PT. PJB Salurkan Bantuan Dana Untuk Pembangunan Mesjid At-Taqwa Paloh, Ketua DPRK : Terima Kasih

“Manfaatkanlah bantuan ini dengan baik, jadikan bantuan ini sebagai alat penunjang untuk peningkatkan hasil pertanian. tanamlah bibit bantuan ini sesuai anjuran, begitu juga dengan pupuk, gunakan sesuai dengan takaran yang ditentukan sebagaimana kebutuhan, supaya apa yang telah disalurkan ini memberikan hasil positif pada masyarakat, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga” pesan Irfan TB dalam arahannya.

Irfan menjelaskan, sebelum masyarakat di Kecamatan Panga juga telah menerima bantuan dari program KAT, seperti yang telah disalurkan di daerah lain, seperti di Kabupaten Aceh Barat, bahkan masyarakat disan sudah dirasakan manfaat. Hal itu sebagaimana laporan dari LSM Peduli Dhuafa Kemensos RI.

“Adapun bantuan yang disalurkan untuk pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil Seunong Bhakti ini, berupa 43 unit rumah layak huni tipe 36, serta kebutuhan pokok, peralatan rumah tangga dan peralatan kerja, diantaranya, beras 3 sak, telur ayam 3 papan, minyak goreng 3 kg, gula 3 kg, kopi 3 bungkus, susu 3 kaleng, ikan asin 3 kg, dan satu uni pisau golok, Panci masak nasi, dua unit wajan, Gelas Plastik 1 lusin, piring 1 lusin serta kelengkapan rumah tangga lainnya.

Baca juga :   Satu Lagi Warga Aceh Jaya Dapat Rumah Bantuan dari Pemerintah Aceh

Sementara untuk bantuan alat kerja, diantaranya satu buah cangkul, dua buah skop, satu batu asah, dua unit parang, sepatu bot, sarung tangan dan 20 batang bibit jengkol 20. Semua bantuan ini program dari Kemensos RI yang disalurkan melalui Dinas Sosial dan difasilitasi oleh LSM Peduli Dhuafa.

Bupati menegaskan apa yang telah diberikan itu dipergunakan sebaik-baiknya untuk menunjang penambahan perekonomian keluarga.

Terkait bantuan ini, Pemerintah Aceh Jaya menyampaikan terima kasih kepada Kemensos RI.” Kami berharap pemerintah pusat bisa menyalurkan kembali program kesejahteraan masyarakat Komunitas A adat terpencil” demikian harap T.Irfan TB.*[][]Sam.