Beranda Ekonomi Aliran Dana Rp120 Triliun Hasil Bisnis Narkoba, Bareskrim Respons Cepat Temuan PPATK

Aliran Dana Rp120 Triliun Hasil Bisnis Narkoba, Bareskrim Respons Cepat Temuan PPATK

Jakarta, Buana.News – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengaku menemukan aliran dana senilai Rp120 triliun dari bisnis narkoba. Temuan PPATK tersebut langsung direspons cepat oleh Bareskrim Polri .

“Kami akan secara aktif perintah Pak Kabareskim. Meminta secara aktif itu karena PPATK bisa meneruskannya kepada Polri atau penegak hukum lain jadi seperti itu,” ujar Dir Tipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen. Pol. Krisno Halomoan Siregar, S.I.K., Kamis (7/10/21).

Baca juga :   Lagi!, Polisi Bongkar 40 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal

Menurut Jenderal Bintang Satu ini Polri dalam pengungkapan kasus tindak pidana narkoba memang selalu menelusuri dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Hal itu dilakukan di level Mabes Polri hingga kesatuan wilayah lainnya.

Baca juga :   Tak Butuh Waktu Lama, Polda Aceh Tangkap Pelaku Pembunuhan Sopir Grab Asal Medan

“Kami ada menangani beberapa kasus TPPU, baik kami sendiri di Mabes maupun di daerah,” jelasnya.

PPATK mencatat adanya informasi transaksi narkoba Rp120 triliun. Data ini merupakan hasil analisis dan pemeriksaan data khususnya dari PPATK sendiri.

Dalam kasus aliran dana Rp120 triliun tersebut terungkap bahwa melibatkan pihak-pihak individu dan korporasi. Jumlahnya bahkan mencapai 1.339 pihak yang terlibat dalam aliran dana mencurigakan narkoba.

Baca juga :   Sabu Asal Kabupaten Bireun Digagalkan Polda Sumbar, Satu Pelaku Diciduk

Aliran tersebut memang merupakan akumulasi dalam rentang waktu sejak 2016 hingga 2020. Tapi ini gambaran jelas dan komprehensif bagi seluruh pihak tentang berapa besarnya bisnis narkoba di Indonesia. (Red).