Beranda News Lapas Kelas III Calang Bimbing Warga Binaan dengan Ibadah dan Tahsin Alquran

Lapas Kelas III Calang Bimbing Warga Binaan dengan Ibadah dan Tahsin Alquran

Warga Binaan Lapas Kelas III Calang sedang mengikuti pengajian mengenal Ibadah dan Alquran, Rabu (24/3). (Foto: Ist)

Aceh Jaya, Buana.News – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Calang mengadakan kegiatan rutin bimbingan rohani dan tahsin Alquran untuk 110 warga binaan, Rabu (24/03).

Kepada Buana.News Kepala Lapas Kelas III Calang Rusli SH menyampaikan kegiatan ini dilakukan dua kali dalam satu minggu, guna memantapkan iman dan taqwa setiap penghuni lapas binaannya.

RUSLI SH Kepala Lembaga Pemasyarakatan III Calang.(Foto: Ist)

“Kegiatan Pengajian Ibadah dan Tahsin Alquran kami laksanakan setiap Selasa dan Rabu, guna memahami kaidah agama dan aqidah mereka, kami lakukan ini guna untuk kebaikan mereka dan Keluarganya kelak selepas keluar dari sini,” ungkap Rusli.

Baca juga :   HUT RI ke 75, Ratusan Ribu Napi Akan Dapat Remisi dari Kemenkumham

Rusli juga mengatakan kegiatan yang dilakukan Lapas III Calang murni program pembinaan dari lapas dan didukung oleh Pemkab Aceh Jaya. Hal tersebut guna menerapkan kajian agama di dalam lapas untuk setiap warga binaan.

“Iyaa program ini kita lakukan murni mendidik warga Lapas III Calang ini tak ubah bak sebuah dayah pada umumnya, walau keterbatasan waktu dari pembimbing, namun di dalam lapas kita ini juga ada seorang warga Lapas yang menjadi penuntun bagi mereka disaat Teungku pengajian dari luar lapas tidak berhadir, dia ini lepasan salah satu pesantren di Aceh Jaya juga,” jelas Rusli.

Baca juga :   Peringati HUT Aceh Jaya Ke-19, Bupati Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin

Semenjak dirinya memimpin Lapas III Calang ia mencoba memberi kenyamanan bagi mereka warga penghuni Lapas tersebut.

“Kehadiran saya disini semoga bermanfaat bagi mereka yang ada dibawah binaan saya, keluar dari sini nanti mereka sudah lebih mapan di segi agama dan akidah juga, kita mengajari mereka dalam memahami huruf hijaiyah serta menuntut sholat yang benar,” tuturnya lagi.

Sementara Tgk. Zulkarnaini, pembimbing pengajian tersebut mengatakan “Saya selama ini menuntun mereka untuk mengaji dan membenarkan tata cara shalat serta pembacaan alquran, mulai dari Iqra hingga tajwid. Alhamdulillah sampai saat ini sudah banyak perubahan dalam pembacaan tuntunan sholat, dan didasari mereka semua sudah pernah ada ilmu agama sebelumnya.”

Baca juga :   Peringati HUT Aceh Jaya Ke-19, Bupati Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin

Selain itu, Kalapas III Calang berusaha menunjukkan keramah-tamahan terhadap warga binaan dengan senyaman mungkin.

“Yaa selama saya memimpin di Lapas ini terus saya berupaya untuk yang terbaik bagi mereka warga binaan Lapas III Calang, setelah mereka kembali ada kesan yang baik yang dapat mereka terapkan di keluarga dan masyarakat sekitar,” tutup Rusli.