Beranda News Warga Desa Ini Temukan Uang Berceceran di Saluran Irigasi, Jumlahnya Menggiurkan

Warga Desa Ini Temukan Uang Berceceran di Saluran Irigasi, Jumlahnya Menggiurkan

Buana.News – Warga Desa Plumbon, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dihebohkan dengan penemuan uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu, uang tersebut berceceran di saluran irigasi. Bahkan, nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

“Hingga sore hari ada sekitar 50 orang yang ikut mencari. Mereka menemukan uang kertas Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu dengan total uang keseluruhannya mencapai Rp 23 juta lebih,” kata Kepala Desa Plumbon, Agus Arjito, saat dimintai konfirmasi wartawan, Jumat (20/11/2020).

Jito menjelaskan, sebelum adanya temuan uang tersebut, di lokasi terjadi hujan deras pada Kamis (19/11) malam. Volume air saluran irigasi cukup deras. Kemudian pagi tadi, warga mulai menemukan uang yang berceceran di saluran irigasi.

“Malamnya (Kamis) hujan lebat. Saluran air saluran irigasi juga cukup deras. Nah pada pagi harinya baru ditemukan uang di saluran irigasi tersebut,” jelasnya.

“Selain di saluran irigasi juga ada temuan uang di sawah. Semuanya dalam kondisi basah kotor bercampur lumpur. Pecahan seratus ribuan dan lima puluh ribuan,” sambung Jito.

Hingga akhirnya berita temuan uang tersebut langsung menyebar ke warga desa setempat. Tidak menunggu waktu lama, lokasi tersebut langsung diserbu warga untuk mencari uang yang asal muasalnya belum diketahui jelas.

Bahkan menurut Jito, ada warga yang menemukan uang Rp 10 juta dalam satu ikatan. “Ada yang menemukan satu ikat pecahan seratus ribuan jumlah Rp 10 juta,” ungkap Jito.

Uang yang berceceran di saluran irigasi itu, lanjutnya, merupakan uang asli. Dia sudah mengambil sampel dan dibawa ke bank untuk mengecek keaslian uang tersebut.

“Uang yang ditemukan warga saya tarik untuk dicek ke bank. Uangnya asli,” katanya.

Temuan uang yang berceceran di saluran irigasi tersebut pertama kali diketahui oleh petani desa setempat yang bernama Nur Khamid. Nur Khamid saat itu berniat untuk membersihkan saluran irigasi usai dilanda banjir setelah hujan lebat pada Kamis (19/11) malam.

Saat membersihkan saluran irigasi inilah, dirinya mengaku menemukan uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu di saluran irigasi tersebut.

“Lagi bersih-bersih saluran irigasi. Saya melihat ada uang kertas Rp 100 ribu, terus ada lagi Rp 50 ribuan. Lalu saya bersih-bersih lagi ada Rp 100 ribu lagi. Kalau ditotal ada sekitar Rp 10 juta,” kata Nur Khamid.

Tidak hanya di saluran irigasi, uang yang berceceran juga berada di sawah dekat saluran tersebut.

“Ternyata di bawah ada banyak uang yang tercecer di jerami dekat sungai, karena ada teman yang melihat, mereka pun ikut mencari dan memberikan kabar ke tetangganya,” jelas Nur Khamid.(Red)

Sumber : detik.com